Monday, June 8, 2015

Posted by adrianizulivan Posted on 2:46:00 PM | No comments

Dua Kabupaten EMAS Peroleh Penghargaan


Gelar Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Nasional 2015

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berikan penghargaan bagi Top 25 Inovasi Pelayanan Publik di Jakarta (29/04) lalu. Ini adalah pengharagaan bagi inovasi pelayanan publik yang muncul dari berbagai instansi pemerintah pusat maupun daerah di seluruh tanah air.

Agar masyarakat dapat mengetahui apa saja inovasi tersebut, Kementerian PANRB mengadakan “Gelar Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Nasional 2015” yang dilaksanakan di Sidoarjo, Jawa Timur pada 14-16 Juni 2015 lalu. Agenda ini tak hanya mengundang Top 25, namun juga menghadirkan Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2015.

Dua kabupaten yang menggunakan Sistem informasi jejaring rujukan (SIJARIEMAS) yang dikembangkan oleh Expanding Maternal and Neonatal Survival (EMAS), sebuah program yang didanai USAID, berkesempatan menjadi Top 99. Kedua kabupaten tersebut adalah Pinrang (Sulawesi Selatan) dan Karawang (Jawa Barat).
2.
3.
4.
RSUD Lasinrang Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan bahkan menjadi finalis di ajang United Public Service Awards (UNPSA) 2015 yang diadakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Inovasi dari RSUD Lasinrang ini bernama “Pengembangan Unit Perinatologi Menurunkan Kematian Bayi”. Inovasi ini berhasil menurukan angka kematian bayi dari 11,5% menjadi 4,15%. 


5.
6.
7.
8.
“Call Center SIJARIEMAS” merupakan inovasi yang menempatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang di jajaran Top 99. Inovasi ini merupakan sebuah program terintegrasi yang menempatkan sejumlah bidan untuk berjaga selama 24 jam di Call Center. Call Center ini, selain memantau sistem rujukan kegawatdaruratan maternal, juga melayanin tanya jawab seputar informasi kesehatan kehemilan.
9.
10.
Simposium ini diisi dengan seminar, workshop dan pameran.  Ketika membuka agenda tersebut, Menteri PANRB Yuddy Chirsnandi mengharapkan agar kegiatan ini mampu menjadi salah satu cara untuk meningkatkan inovasi pelayanan publik di seluruh instansi pemerintah.

Keterangan Foto:
  1. Tim Call Center SIJARIEMAS Karawang (ki-ka): Ema Maria, Nisa Novianti Agustini, Dr Yayuk Sri Rahayu MKM (Kasie Kesga dan Gizi Dinkes) dan Dr Yuska Yasin (Kadinkes)
  2. Drg Siti Hasnah Syam, MARS, Direktur RSUD Lasinrang, merasakan perubahan pesat yang terjadi di unit kerjanya, sejak mengadopsi SIJARIEMAS.
  3. Informasi SIJARIEMAS yang dipamerkan RSUD Lasinrang.
  4. Menteri PANRB Yuddy Chirsnandi beserta Gubernur Jatim Soekarwo kunjungi stand RSUD Lasinrang
  5. Nisa Novianti Agustini (Bidan Call Center Dinkes Karawang) jelaskan tentang aplikasi SMS SIJARIEMAS.
  6. Ema Maria (Bidan Call Center Dinkes Karawang), tunjukkan cara kerja SIJARIEMAS kepada pengunjung.
  7. Seorang pengunjung melihat poster berisi cara kerja SIJARIEMAS.
  8. Suasana stand SIJARIEMAS Karawang.
  9. Suasana pembukaan Gelar Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Nasional 2015.
  10. Suasana seminar, berisi pemaparan Top 25.

AZ

Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata