Thursday, May 7, 2015

Posted by adrianizulivan Posted on 8:21:00 PM | No comments

Tak Ada Sanksi Jika Merokok di Atas Kereta Api


Semua perjalanan kereta api adalah Tanpa Asap Rokok, tidak diperkenankan merokok di seluruh rangkaian kerta api, kedapatan merokok diatas kereta api akan diturunkan pada kesemoatan pertama.

Begitu bunyi 'pasal' 13 yang tercetak di belakang tiket.

Pasal 13 yang dilingkari Pak Teja, Masinis, u tuk menjawab pertanyaan saya saat dia memeriksa tiket:

Di sini boleh merokok, pak?
Tidak.
Di bordes?
Di seluruh rangkaian kereta tidak diperbolehkan.
Jika ada yang merokok?
Akan diminta untuk mencari angkutan lain, seperti yang tertulis di sini (menunjukkan poin yang dilingkarinya).
Bagaimana Bapak tahu kalau ada yang merokok?
Jika saya melihat...
Jika saya yang melihat?
Mohon diperingati.
Jika bapak yang melihat?
Jika saya yang melihat sendiri, akan berlaku sanksi ini.
Jika saya yang melihat, sanksi tidak berlaku?
.... (diam, mikir)
Gini aja pak, saya butuh jaminan. Jika saya lihat orang merokok, saya hubungi bapak. Saya minta nomor telp bapak. (Siapin hape)
.... (mikir lagi, ragu.)
Ini nomor telp saya (kasih kartunama). Saya minta telp Bapak.
Ibu alergi asap? (Sambil nulis nomor telpnya di belakang tiket saya)
Ya! Tapi alergi ataupun tidak, itu peraturan.
(Orang sebelah saya nimbrung: iya, ini kan ber-AC. Saya: AC atau tidak, aturannya tdk membolehkan.
(Orang udah pada nengok sejak pertanyaan kedua saya. Yang tadi merokok langsung ngelirik2)
(Tiket saya yg sudah ditulisi nomor telpnya dikembalikan) Trims, Pak Teja. Nanti saya hub Bapak jika saya melihat orang merokok! 
Trims Bu, maaf untuk ketidaknyamanan ini.

Pak Teja lanjut meriksa tiket. Ada obrolan dengan penumpang di belakang saya:
"Maaf ini yang tadi merokok ya?" (Entah bgmn dia tahu. Apakah ada CCTV? Apakah ada rokok di mejanya, seperti perokok di depan saya?)
"Iya pak"
"Ini peringatan pertama. Jika nanti merokok lagi, terpaksa diturunkan di stasiun berikutnya."
"Jadi di mana tempat merokok?"
"Di areal merokok di stasiun"

Dan tak terjadi apa-apa.

Oke. Baiklah.
Yang pasti malam ini bisa tidur nyenyak.
Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata