Tuesday, July 29, 2014

Posted by adrianizulivan Posted on 9:40:00 PM | No comments

Hasil Rampasan


Besok lihat Grebeg Syawal, yuk!

Meski disela bertemu orang urusan kerjaan, sudah beberapa hari ini aku mendekam di rumah dapur untuk persiapan Lebaran. Ajakan ini tentu bangkitkan gairah.

Meski banyak angin, udara sangat terik. Gajah-gajah--yang menjadi pengiring pawai pengantar gunungan--saja kepanasan, apalagi kita ya! Kami berjalan kaki dari Toko Progo ke Akun-alun Utara, lalu ke Kepatihan, dan kembali ke Progo. Yang bukan orang Yogya, mungkin sulit membayangkannya.

Yang pasti, hari ini untuk pertama kalinya aku dapat 'rampasan' gunungan. Meski aku gak ikut rebutan, hanya menadah hasil rampasan (lalu disuruh megang dan difoto dengan latar belakang gunungan yang diperebutkan). Pertanyaannya, buat apa kacang panjang + dua cabe itu?

"Kalau petani, ditanam di ladang/sawah, biar subur. Kalau saya, saya masak jadi sayur," kata ibu-ibu yang ikut merampas eh rebutanOkelah, besok coba dimasak ya. Biar kebagian berkah.

Cerita grebeg ini akan kutulis untuk sebuah majalah yang akan segera terbit. Sabar, nggih!

Mlekom,
AZ
20140730




0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata