Tuesday, March 18, 2014

Posted by adrianizulivan Posted on 6:42:00 PM | No comments

Sistem Infomasi Desa untuk Promosi Produk Merapi



Seri Workshop 
Pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID)
untuk Promosi Potensi Desa di Kawasan Merapi



Latar Belakang
Sejak tahun 2011, Program Merapi Recovery Response (MRR) di bawah payung Disaster Risk Reduction based Rehabilitation and Reconstruction (DR4) UNDP, bersama COMBINE Resource Institution (CRI) menginisasi pembangunan Sistem Informasi Desa (SID) di 9 desa di lingkar Gunungapi Merapi. SID dirancang untuk menyediakan informasi tentang desa, termasuk yang relevan dengan konteks potensi ancaman bencana di wilayah setempat. Sebagai sebuah sistem informasi, SID bersifat aksesibel bagi publik dan terhubung dengan beragam teknologi dan media. Data dan informasi yang terkelola di dalam SID di tingkat desa akan menjadi salah satu faktor pendorong meningkatnya kepedulian dan kesiapsiagaan komunitas desa untuk mengurangi risiko bencana.

Pada saat ini, SID yang terbangun di desa, memiliki beragam fungsi teknis, antara lain:

  1. Data kependudukan yang terintegrasi dengan fungsi pelayanan publik
  2. Data potensi ancaman bencana desa
  3. Data aset/sumber daya desa
  4. Data produk unggulan desa
  5. Peta desa interaktif
  6. Sistem peringatan dini berbasis SMS (SIKAD: Sistem Informasi Kebencanaan Desa); dibangun bersama Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta

Fungsi pelayanan publik adalah salah satu manfaat dasar dari SID bagi desa, selain untuk mendukung perencanaan pembangunan desa dan pemetaan potensi/sumber daya desa. Dengan berjalannya fungsi dasar pelayanan publik, diharapkan SID bisa lebih terkomunikasikan keberadaan dan manfaat layanannya bagi masyarakat desa. Dampaknya, data yang akurat akan bisa terbarui secara rutin, setiap saat, yang akan penting dan menentukan bagi desa, terutama dalam konteks pengurangan risiko bencana.

Selain fugsi tersebut, SID juga memiliki fungsi untuk memetakan potensi sumber daya desa, antara lain produk-produk unggulan desa. Dengan ragam media yang dihimpun dalam payung SID, terutama media online, diharapkan SID bisa mendorong tumbuhnya praktik usaha ekonomi rakyat di desa-desa penerap SID. CRI bersama MRR UNDP menrancang sebuah seri workshop untuk melatih desa-desa penerap SID memanfaatkan media yang tersedia untuk melakukan promosi potensi desa.

Tujuan

  • Memperkuat pengetahuan dan kemampuan peserta dari komunitas desa dalam menggunakan SID untuk mempromosikan produk unggulan desa
  • Memperkuat kemampuan pengelolaan website desa oleh pemerintah dan komunitas desa untuk mempromosikan produk unggulan desa ke dunia luar

Waktu dan Tempat

  • Selasa – Rabu, 25 – 26 Maret 2014: Hotel Quin Colombo, Kalasan, Sleman, D.I. Yogyakarta untuk Cluster Sleman
  • Kamis – Jumat, 27 – 28 Maret 2014: Hotel Artoz, Magelang, Jawa Tengah untuk Cluster Magelang

Peserta
Setiap workshop di tingkat desa akan diikuti oleh 20 orang peserta, perwakilan pemerintah desa dan tim promosi desa (yang dibangun oleh IOM).

  • Sleman: Kepuharjo, Glagaharjo, Wukirsari, Tamanmartani, Umbulharjo, Argomulyo
  • Magelang: Jumoyo, Sirahan, Tamanagung, Ngargomulyo

Fasilitator

  • MRR UNDP: Mart Widarto, Didik Humam Zarodi
  • COMBINE Resource Institution: Elanto Wijoyono
  • Praktisi Media Online: Adriani Zulivan, Sinta Carolina

Agenda

Hari I
08.30 – 09.00 : Pendaftaran ulang peserta (MRR UNDP)
09.00 – 09.15 : Pembukaan (BPBD Sleman/Magelang dan Koordinator Program MRR UNDP)
09.15 – 12.00 : Presentasi dan Diskusi:

  • Pemanfaatan SID untuk Promosi Produk Unggulan Desa (MRR UNDP)
  • Pemanfaatan Media berbasis Internet untuk Pemasaran Produk Unggulan Desa (Adriani Zulivan)

12.00 – 13.00 : istirahat
13.00 – 14.00 : Pemetaan potensi produk unggulan desa (fas: tim)
14.00 – 15.30 : Penulisan materi produk unggulan desa untuk konten publikasi/promosi (fas: Sinta Carolina)
15.30 – 16.00 : istirahat
16.00 – 17.30 : Latihan 1: membuat akun e-mail kelompok, membuat blog, membuat akun media jejaring sosial (Facebook dan Twitter), dan bergabung ke situs komunitas/toko online (Kaskus, TokoBagus) (fas: tim)
17.30 – 19.00 : istirahat
19.00 – 21.00 : Unggah materi ke media jejaring sosial (fas: tim)

Hari II
08.30 – 10.00 : Latihan 2: unggah materi promosi desa ke website desa (SID) (fas: tim)
10.00 – 11.30 : Presentasi dan Diskusi:

  • Menghubungkan SID dengan Media Online lainnya
  • Strategi Sistem Penjualan dan Pengiriman Produk Desa

11.30 – 12.00 : Rencana Tindak Lanjut dan Penutup


Info lanjut di program Lumbung Komunitas.

Categories:

0 comments:

Post a Comment

  • Atribution. Powered by Blogger.
  • ngeksis

  • mata-mata